Selasa, 22 November 2011

SMK N 2 Wonogiri


Awal berdirinya SMKN 2 Wonogiri adalah adanya wacana pada tahun 1985 tentang berdirinya sebuah STM Negeri di wonogiri, namun terkendala karena belum mempunyai lahan. Baru pada tahun 1999 memiliki lahan seluas 2 hektar senilai Rp 200 juta di lokasi yang sekarang ini yaitu di desa Bulusulur, 2 km arah timur kota Wonogiri.
Pembangunan di mulai pada tahun 2002 dengan dana dari APBD propingsi Jawa Tengah dan APBD Kabupaten Wonogiri dan sekarang sudah memiliki 23 ruang belajar di tambah dengan 3 bengkel jurusan yaitu bengkel otomotif, pemesinan, bangunan. Selain itu masih ada bangunan yang lain yaitu lab komputer, lab bahasa, lab kimia fisika, dan perpustakaan.
Sistem Pendidikan dan Kurikulum
  1. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum SMK 2004 dan akan dialihkan ke kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
  2. Pendekatan yang dianut adalah pendekatan Competency Based
  3. Sasarannya adalah kebutuhan Dunia Kerja era global antara lain dengan Demand Driven, Job Oriented dan Duel Based program (sekolah dan Dudi)
  4. Secara garis besar pengembangan kurikulum dibagi menjadi 3 tahapan yaitu :
·         Berisi kompetensi dan bahan kajian dasar-dasar kejuruan yang lebih luas untuk keahlian-keahlian yang memiliki dasar-dasar kompetensi sejenis atau serumpun.
·         Berisi kompetensi dan bahan kajian yang lebih fungsional untuk mendasari penguasaan kompetensi keahlian tertentu
·         Berisi paket-paket keahlian untuk menguasai kompetensi dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan tertentu sesuai spesifikasi dan tuntutan lapangan kerja







Pintu masuk
Bidang Keahlian dan Program Keahlian
1. Teknik Mekanik Otomotif
·         Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif Kendaraan Ringan
·         Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif Sepeda Motor
2. Teknik Mesin
·         Program Keahlian Teknik Mesin Perkakas
3. Teknik Bangunan
·         Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar